One Day Dive Trip Pulau Sangiang

Pulau Sangiang? Bisa jadi alternatif dive spot selain di Kepulauan Seribu. Jadi pastinya ini lokasi bukan di Jakarta ya, tetapi di Banten dan sudah nyaris ke Lampung. Buat menuju kesana dari Jakarta (Slipi) menempuh perjalanan gak kurang dari 2 jam dengan kendaraan mobil elf. 

Kami satu rombongan ada sekitar 18 orang dan go dive sebanyak 2 kali dalam satu hari. Setibanya di dermaga, kami bergegas menuju ke kapal utama dengan alat tempurnya masing-masing. Diperlukan waktu ga kurang dari 1 jam untuk mencapai Pulau Sangiang.

Kapal MV Adul

Kapal MV Adul

Sebelum go dive, seperti biasa guide memberikan briefing singkat mengenai standar prosedur serta orientasi arah penyelaman. Dua kali kami go dive, orientasi pada reef disebelah kanan. Dan dua spot yang kita selami itu :

1. Teluk Bajo

FYI, kondisi dive di akhir bulan Oktober saat itu gerimis dan visibility rata sekitar 7-8 meter.

Teluk Bajo Dive Spot Pulau Sangiang

Teluk Bajo

Buat yang bawa alat dokumentasi sangat disarankan menyertakan lighting karena minimnya cahaya yang bisa tembus ke bawah. Maximum depth yang kami selami di kedalaman 20-22 meter.

Visibility 7 meter

Visibility 7 meter

Meski kondisi yang seperti itu, saya masih beruntung karena berhasil mengabadikan si hewan langka penyu ini.

Penyu Sangiang

Penyu Unyu

2. Lagon Waru

Far better di spot kedua ini, karena kita masih beberapa kali menemukan soft coral dan jajaran terumbu karang. Sehingga gak terlalu mati gaya.

Lagon Waru Soft Coral

Soft Coral

Dan ternyata cukup sering menemukan si clown fish alias nemo. Jeli-jeli aja lihat kondisi sekitar dan anemon tempat tinggal mereka.

Jepret si Clown Fish

Jepret si Clown Fish

Buddynya siapa ini?

Buddynya siapa ini?

So, buat kalian yang mau go dive di Pulau Sangiang disarankan ambil trip hari Sabtu ya, biar ada istirahat di hari Minggunya. Dan kalau cuaca lebih mendukung dengan visibility yang lebih baik dijamin akan lebih banyak dokumentasi yang kece.

Video singkat one day scuba trip sempat juga saya buat, check out this video.

David Setyawan

5 Comments

  1. Nice trip bro. Tertarik kesana suatu saat.
    Mau nanya, kalau dinilai 1-10, Sangiang dapet nilai berapa bro? dan untuk budgetnya habis berapa?

    • @atpidarp : komparasinya sama dive spot di sekitaran Jakarta aja ya, jangan sama daerah Indonesia Timur. untuk Sangiang skalanya 6,5 karena visibility lagi kurang bagus. budget 1 day trip 2 spot itu sekitar Rp 1,100,000 exclude sewa gear

    • kemaren sih alhamdullilah aman cum, cm krn visibility krg bagus dan keasikan main video jd ga liat buddy dimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *