Menjajaki Freedive di Pulau Pari

Punya tiga hari libur, mau liburan dengan low cost?

Pulau Pari bisa jadi alternatif buat warga Jakarta dan sekitarnya. Kalau main kesini, disamping akan melihat beberapa backpacker yang bermalam di tenda, biasanya banyak rombongan family trip atau office gathering. Yah karna memang lokasinya yang ga terlalu jauh 2,5 jam dari Dermaga Kali Adem Angke. Pulau ini juga punya Pantai yang selalu ramai tiap sore hingga malam. Pantai Perawan namanya!

Spot Dekat Dermaga

Yang kami lakukan, tidak lain tidak bukan yaitu freedive. Depth training dan fun dive. Di hari pertama, saya bersama teman-teman dari ApneaFreefolks mencoba adaptasi dengan perairan Pari di spot yang tidak jauh dari dermaga. Karena sehari sebelumnya hujan, alhasil visibility buruk sekali hanya up to 2 meter aja.

Esoknya, kami naik perahu ke 2 spot.

Pertama di Bintang Rama. Lokasi ini berdekatan dengan rombongan snorkle dari grup lain. Kali itu kami hanya bermain di kedalaman sekitar 10 meter saja, karena banyak teman-teman yang belum terlalu mengenal freedive.

Apnea Freefolks Family

Spot kedua, di wreck kapal. Bagus banget kondisi lautnya, tenang dan cocok untuk depth training. Beberapa dari kami secara bergiliran dengan 2 buoy turun ke 10-16 meter. Menyenangkan karena saya touch down untuk pertama kali di 16 meter.

Wreck Kapal Spot

Esok paginya, di hari ketiga kami coba eksplor lokasi di dekat Pantai Perawan. Berat banget perjalanan menuju laut lepas, karna harus berjalan kaki melalui jalur bakau berair sekitar 15-20 menit. Untuk mencapai ke lokasi itu sebaiknya saat pasang di pagi hari agar mempermudah tiba di spotnya. Jangan lupa kenakan booties untuk menghindari kepiting, kerang atau bahkan ikan lepo.

Bakau di Sekitar Pantai Perawan

Bakau di Sekitar Pantai Perawan (Photo by : Kiki)

Menuju Spot Luar Pantai Perawan

Menuju Spot Luar Pantai Perawan (Photo by : Kiki)

Di spot yang kami sambangi coral nya lumayan padat, ikan juga banyak, visibility di pagi itu 6-7 meter.

Spot Sekitar Pantai Perawan

Spot Sekitar Pantai Perawan (Photo by : Kiki)

Kesimpulannya, lokasi pari cukup baik untuk alternatif latihan freedive. Spot rekomendasi terbaik di wreck kapal dan dekat pantai perawan.