AFF Anniversary Trip

September 2017, adalah moment anniversary dari Apnea Freefolks (AFF). Sebuah komunitas Freediving di Jakarta yang beranggotakan para pecinta olahraga freediving dari berbagai agency atau instructor yang berbeda, serta sebagian dari teman-teman yang baru mengenal dunia freediving.

Logo Apnea FreeFolks

Logo Apnea FreeFolks

Kami saling berbagi informasi, dan latihan bersama secara rutin di hari Rabu dan diakhir pekan. Memasuki usianya yang pertama, AFF kembali mengadakan freedive trip ke Pulau Pari (30 Sep – 1 Oct), mengajak tiap anggotanya untuk melakukan kegiatan fun dive dan terus mempererat hubungan antar anggotanya.

Enjoy Pari Underwater

Enjoy Pari Underwater (Inframe : Fanny)

AFF Anniversary Trip

AFF Anniversary Trip

Buat saya sendiri liburan ke Pari adalah kali ketiganya. Perjalanan awal ditempuh selama 2 jam perjalanan dari Muara Angke dan sekitar kurang dari 1 jam diakhiri di Marina Ancol di hari kedua.

Salvimar Fluid

Salvimar Fluyd  (Photo: Andit)

Kegiatan ini bagi saya sebagai salah satu bentuk nyata untuk menjalin silaturahmi dan dive for our fun with keep doing safety procedure!

Buddy System on Every Training

Buddy System on Every Training (Photo: Andit)

Hari pertama, setibanya di penginapan kami mempersiapkan gear masing-masing, sembari menunggu adzan Zuhur. Tak lama kami pun bergegas menuju kapal untuk menuju spot pertama. Lokasinya tak jauh dari pulau, sekitar 45 menitan menggunakan perahu kecil.

Menyusuri Pantai Menuju Kapal

Menyusuri Pantai Menuju Kapal

Kala itu visibility sangat baik, namun disayangkan ombak yang cukup mengombang-ambingkan kami. Sehingga beberapa dari kami dengan mudahnya terserang mual.

Fun Dive

Fun Dive (Photo: Andit)

Esoknya, kami melakukan last dive di laut lepas sekitar Pulau Pari. Lokasi yang sejujurnya kami pun belum tahu apakah kondisinya baik atau tidak. Terkadang menemukan spot baru di freedive itu sangat mengasyikan.

Play with Bubble

Play with Bubble

Ketika sudah berenang beberapa ratus meter, bukan beauty spot yang kami temui tetapi tumpukan sampah plastik. Alhasil, kami memutuskan langsung untuk bersama-sama mengumpulkan sampah yang ada ke dalam dua buoy yang kami bawa.

Save The Beach

Save The Beach (Inframe: Rini)

Semoga masyarakat semakin sadar akan bahayanya sampah plastik bagi lautan ini. Berharap habit buruk untuk mengotori lautan bisa tumbuh sadar di tiap orang, terutama wisatawan.

Buat AFF, semoga semakin solid dan ditunggu kembali trip selanjutnya! 🙂

David Setyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *