Level Up: Advance Scuba di Pulau Sepa

Dan akhirnya setelah lebih kurang 3 tahun, saya memutuskan untuk mengakhiri masa Open Water Diver (OWD) di Pulau Sepa. Datang lagi ke lokasi ini untuk menempuh pendidikan level selanjutnya. Baca Advance Scuba SSI. FYI, OWD dulu saya ambil di PADI.

Scuba Pula Sepa

Scuba Pulau Sepa (Photo : Firman)

Jadi saya cross agency dari PADI ke SSI. Bukan suatu masalah sih. Rasanya jam terbang di air lebih menjadi hal terpenting agar bisa lebih menyatu dengan dunia laut.

Singkat cerita, 2 hari kami lakukan dive bersama rekan-rekan sepertabungan menghabiskan 5 log dive. Tiga kali di hari pertama dan dua sisanya dikeesokannya.

Dermaga Sepa

Dermaga Sepa

Desember 2017, kondisi laut sudah lumayan bersahabat setelah di beberapa daerah sempat disambangi oleh Dahlia dan Cempaka. Perjalanan ditempuh 2 jam dari dermaga Marina Ancol.

Bagi yang belum tau, Pulau Sepa ini adalah resort atau dengan kata lain tidak ada hunian penduduk tetap seperti di Pulau Pramuka, Pari atau pulau sekitarnya. Nah, setibanya di pulau kami menuju ke kamar masing-masing untuk mempersiapkan dive gear dan kemudian cus kembali ke dermaga.

Pulau Sepa

Pulau Sepa

Dive 1  – Jetty

Refreshment. Perlu banget, apalagi scuba trip terakhir saya setahun lebih (September 2017), disamping juga belakangan ini saya lebih kerap melakukan freedive trip. Di spot pertama ini tujuan saya lebih untuk adaptasi dan atur weight yang pas buat saya. Mulai dari 4kg sampai jadi 2kg.

Briefing before Diving

Briefing before Diving

Refreshment Time! (Photo : Yudha)

Refreshment Time! (Photo : Yudha)

Dive 2 – Papa Theo Wreck

Wreck dive. Untuk mencapai lokasi tersebut saya terus pantau jam tangan saya, dan ternyata gak jauh hanya sekitar 15 menit dari dermaga. 2 kapal berbarengan ke lokasi dengan masing-masing ada 2 grup. Banyak yah! Jarang banget saya dive seramai ini. Dikarenakan visibility yang hanya 2-3 meter dan sedimen pasir yang beberapa kali naik akibat sepakan fins (ulah siapa hayo) membuat saya tidak bisa mengamati secara utuh bentuk kapalnya. Ikan besar pun tidak saya jumpai.

Selfie di depan Boat

Selfie di depan Boat

Boat Dive

Boat Dive

Dive 3 – Night Dive

Night dive. Turn on your flashlight. Yang belum pernah saya dapati di Open Water yah ini dia. Dive di malam hari. Kami turun dari dermaga sekitar magrib, disaat matahari belum tenggelam secara utuh. Menurut kang Firman, biar tidak kaget dibawah mulai dari masih ada cahaya hingga lama kelamaan redup dan menjadi gelap. Saya tidak mendapati banyak penampakan biota malam, hanya seonggok sotong yang diam dengan santainya.

Night Dive Sepa

Night Dive Sepa (Photo : Firman)

Dive 4 – Papa Theo Wreck

Deep dive. Turun dari sisi yang berbeda dari hari sebelumnya hingga di kedalaman 30 m. Dibagian ini saya sempat tidak menemukan rombongan, karena terlalu asyik mengamati wreck dan tidak mengamati instruksi untuk kembali. Kebiasaan buruk kalau terlalu asyik bermain dengan alat rekam.

30 meters Depth

30 meters Depth

Dive 5 – Jetty Fun Dive

Fun dive. Orientasi reef di sebelah kanan. Bagi saya spot nya masih kurang bagus dan ikan pun tidak banyak saya temui. Sehingga saya lebih fokus untuk mendokumentasikan rekan diver saja.

Fun Dive Sepa

Fun Dive Sepa

Terimakasih atas tripnya Kang Firman, Mbak Adit, Mas Tommy dan teman DO semuanya.

Advance Adventurer Trip

Advance Adventurer Trip (Camera: GoPro Firman)

Sampai jumpa di lain kesempatan.

Dan selamat buat saya sendiri atas kartu barunya.

AA SSI Card

AA SSI Card

Never Hold Your Breath!

David Setyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *